Ukuwah Islamiah: Mengqadha Sholat Malam <meta content='tata cara sholat sunah kata-kata hikmah ukuwahislamiah serta kursus bloger dan pasar modal ada free template juga' name='description'/> <meta content='free template, cara sholat, dhuha, tahajud, kursus blogger, ukuwahislamiah, kata-kata hikmah, sholat khusuk, belajar blogger,tip dan trik blogspot, pesantren,alquran online,tutorial blog' name='keywords'/> <meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>

22 Jun 2009

Mengqadha Sholat Malam

Didalam Kitab

"Shahih Fikih Sunnah" Jilid 1 yang disusun oleh Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim. Kitab ini dikomentari juga oleh ulama-ulama besar antara lain: Syaikh Nashiruddin Al Albani, Syaikh Abdul Aziz bin Baz, dan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin.

Dalam Bab Qiyamul Lail dijelaskan mengenai mengqadha Sholat Malam. Disunnahkan bagi orang yang tidak sempat melakukan sholat malam karena tertidur atau sakit - padahal dia sudah terbiasa melakukannya, maka dia boleh melakukan qadha di siang hari sebelum Dhuhur. Diriwayatkan dari Aisyah RA, dia berkata, "Rasulullah SAW apabila tidak sempat sholat malam karena sakit atau lainnya, maka beliau sholat 12 rakaat di siang hari."

Dari Umar bin Khaththab RA, dia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa meninggalkan hizibnya (kebiasaan membaca hizib atau sholat malam) atau lainnya (karena tertidur), kemudian menggantinya di (waktu) antara Shubuh dan Dhuhur, maka diberi pahala seolah dia melakukannya sejak malam hari."

Diharap dengan adanya kemudahan-kemudahan ini tidak berarti kita melalaikan sholat malam dan sengaja tidak bangun malam toh bisa diqadha di pagi hari. Harus ada udzur syar'i kita tidak bisa bangun malam karena tertidur atau sakit. Justru dengan adanya kemudahan-kemudahan ini menjadi kita bersemangat untuk melakukan Qiyamul Lail (Sholat Malam)

Wallahu 'alam......
Sumber Komunitas Sholat Tahajud Facebook

1 komentar:

Reza Fauzi mengatakan...

ternyata Islam gak pernah memberatkan umatnya ya

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya.... tapi yang membangun maklum pemula hehehe

Advertensi

 
Add to Technorati Favorites PageRank DigNow.org Join My Community at MyBloglog!
free counters

Statistik

Design Template By Syarham.com @ 2008