Ukuwah Islamiah: Google Translate Menambah 11 Bahasa Lagi <meta content='tata cara sholat sunah kata-kata hikmah ukuwahislamiah serta kursus bloger dan pasar modal ada free template juga' name='description'/> <meta content='free template, cara sholat, dhuha, tahajud, kursus blogger, ukuwahislamiah, kata-kata hikmah, sholat khusuk, belajar blogger,tip dan trik blogspot, pesantren,alquran online,tutorial blog' name='keywords'/> <meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>

4 Jun 2009

Google Translate Menambah 11 Bahasa Lagi


Setelah penantian yang begitu lama, akhirnya google meluncurkan lagi translate web site nya (kalimat). Pada episode kali ini Google translate manambahkan lagi 11 bahasa, yang mana dari kesebelas bahasa tersebut bahasa Indonesia juga masuk didalamnya dan ke-11 bahasa, yaitu : Catalan, Filipina, Hebrew, Indonesia, Latvia, Lithuania, Serbia, Slowakia , Slovenia, Ukrainia dan Vietnam. Sehingga saat ini google telah mendukung 35 bahasa Internasional.

Pada sebagian fasilitasnya, google terlebih dahulu melakukan translate bahasa ke Inggris baru kemudian ke bahasa yang di inginkan, termasuk Indonesia. Misalnya ingin terjemah Indonesia ke Serbia, maka google akan melakukan translate ke Inggris terlebih dahulu kemudian baru ke Serbia.

Dengan demikian hasil yang didapat akan lebih baik jika salah satu bahasanya Inggris. Meskipun begitu ini termasuk kemajuan yang sangat bermanfaat, karena permasalahan bahasa yang menghambat laju pertukaran informasi mulai bisa teratasi.

google mengklaim bahwa translate bahasa yang mereka luncurkan berbeda dengan software-software komersil yang banyak beredar saat ini, karena biasanya mereka mengembangkan berdasarkan pendekatan aturan-aturan tertentu dan memerlukan banyak kerja untuk mendefinisikan vocabulary dan grammar. Untuk Goole translate sendiri menggunakan pendekatan yang berbeda karena lebih mendekatkan pada sample terjemahan oleh manusia, yang selanjutnya dilakukan pembelajaran teknik statistik untuk menghasilkan model terjemahan. Tentu saja dengan data jutaan kata atau text.

Dengan pendekatan itu google mengatakan bahwa kelebihannya itu terletak pada skalabilitasnya. Sehingga, meski awalnya hanya beberapa bahasa, bisa ditambah dengan berbagai bahasa di dunia dengan hasil yang cukup bagus.

Setelah dincoba, hasilnya memang cukup bagus, berikut contoh terjemahan 2 paragraf dari blog google :

Bahasa Inggris :

Google Translate added 11 new languages: Catalan, Filipino, Hebrew, Indonesian, Latvian, Lithuanian, Serbian, Slovak, Slovenian, Ukrainian and Vietnamese. Google’s machine translation service now supports 35 languages and you can use it to translate text between any combination of languages.

In most cases, Google uses English as an intermediary language, so when you translate a text from Indonesian to Vietnamese, Google translates the text to English and then it translates the result to Vietnamese. You’ll get the best results when one of the languages is English, since Google needs a single translation.

Hasil terjemahan :

Google Translate menambahkan 11 bahasa baru: Indonesia, Filipina, Yahudi, Indonesia, Latvia, Lithuania, Serbia, Slovakia, Slovenia, Ukraina dan Vietnam. Google mesin layanan terjemahan sekarang mendukung 35 bahasa dan Anda dapat menggunakannya untuk menerjemahkan teks antara kombinasi bahasa apapun.

Dalam kebanyakan kasus, Google menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa perantara, sehingga ketika menerjemahkan teks dari Indonesia ke Serbia, Google menerjemahkan teks ke Bahasa Inggris dan kemudian menerjemahkan hasil ke Serbia. Dengan begitu anda akan mendapatkan hasil yang terbaik, ketika salah satu adalah bahasa Inggris, ketika Google kebutuhan satu terjemahan.

1 komentar:

BISNIS GRATIS mengatakan...

gimana cara pasang translaternya di blog

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komentar ya.... tapi yang membangun maklum pemula hehehe

Advertensi

 
Add to Technorati Favorites PageRank DigNow.org Join My Community at MyBloglog!
free counters

Statistik

Design Template By Syarham.com @ 2008